Makna Idul Adha dan Tradisinya

Hari ini umat ISLAM di Indonesia memperingati Hari Raya Idul Adha 1437 H, Hari besar ini mempunyai makna tentang nilai pengorbanan seorang nabi Ibrahim serta anaknya Ismail. Nabi Ibrahim rela dan bersedia untuk mengorbankan putranya Ismail untuk Allah, namun dengan kehendak Allah, Ismail kemudian digantikan oleh-nya domba ketika ingin di sembelih.

poster-idul-adha

Idul Adha juga dinamakan dengan Hari Raya Haji atau Idul Qurban, karena pada hari itu Allah memberikan kesempatan kepada kita untuk lebih mendekatkan diri kepada-nya, dengan melakukan perjalanan ibadah pergi haji bila mampu.

Untuk memperingati hari Idul Adha, masyarakat biasa melakukan kegiatan yang menjadi sebuah tradisi untuk memperingati hari raya besar ini :

  • Salat IED

sholat-ied

Kaum Muslimin biasa melakukan shalat sunnah 2 rakaat, yaitu Shalat Ied berjamaah yang biasa dilakukan di pelataran masjid atau lapangan terbuka yang dilakukan pada pagi hari, dan Shalat ini sama seperti ketika merayakan Idul Fitri.

  • Hewan Qurban

bolangitang-barat-sumbang-45-ekor-hewan-qurban

Idul Adha memilik ciri khas yaitu dengan keberadaan hewan yang akan di qurban. Hewan tersebut biasanya hewan ternak yang sehat, biasanya hewan tersebut berupa sapi, kambing, domba, kerbau hingga onta.

Umat muslim yang mampu melaksanankan perintah qurban biasanya menaruh hewan qurban di area pelataran masjid yang mereka beli, dan seluruh hewan yang akan diqurbankan berjenis kelamin laki-laki.

Setelah Shalat Ied barulah kegiatan penyembelihan hewan qurban dilaksanakan di lapangan terbuka, dan biasanya banyak masyarakat yang menonton kegiatan tersebut.

  • Pembagian daging qurban

OLYMPUS DIGITAL CAMERA

Setelah kegiatan penyembelihan hewan qurban, biasanya semua daging hewan dipotong dan dikumpulkan menjadi satu oleh panitia, setelah panitia membagikan daging qurban diberikan kepada seluruh warga sekitar yang membutuhkan.

Untuk pembagian daging kurban, biasanya panitia qurban memberikan kupon atau penanda kepada masyarakat agar tertib dan sesuai bagi mereka yang membutuhkan.

Untuk para pemilik hewan qurban diperbolehkan untuk mengambil sebagian kecil porsi daging hewan kurbannya bila mereka menginginkannya.

  • Membakar Hasil Qurban (nyate)

bakar-sate-berjamaah

Nah inilah kegiatan yang menjadi ciri khas hari Idul Adha, yaitu membakar hasil daging qurban atau biasa di sebut nyate, masyarakat yang mendapat hasil daging qurban biasanya membakarnya bersama anggota keluarga yang lain, dan dilakukan diluar rumah bersama tentangga yang lain.

Bagaimana Sahabat REX mengisi hari lebaran Idul Adha, semoga di hari Raya Idul Adha Sahabat REX bias memaknai makna pengorbanan, Selamat Hari  Raya Idul Adha 10 Dzulhijjah 1437 H.

 

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s