Perhitungan Biaya Kirim Via darat, Laut dan Udara dengan REX

Selain mengetahui perhitungan biaya kirim menggunakan REX dan telah mengetahui perbedaan perhitungan berdasarkan berat aktual atau berat volume. Sahabat REX juga harus mengetahui berapa perhitungan pengiriman paket barang dan dokumen untuk udara, laut dan udara.

untitled-1

Sebenarnya perhitungan biaya kirim REX cukup mudah, karena semua di hitung berdasarkan hasil dari menimbang berat barang secara sesungguhnya atau berdasarkan berat volume dari paket barang dan dokumen kamu saja.

Lalu ditambah dengan seberapa jauh alamat pengiriman dan mode transportasi yang digunakan. Karena Indonesia terdiri dari berbagai pulau dan sangat luas, REX menggunakan mode transpotasi darat, laut dan udara untuk mengantar kiriman paket barang dan dokumen sahabat REX agar tepat waktu dan aman.

Berikut rumus perbedaan pengiriman paket barang dan dokumen dengan transpotasi darat, laut dan udara :

  • Perhitungan Biaya Kirim Via Darat dan Laut Berdasarkan (Berat aktual dan Berat Volume)

Setiap paket barang pasti memiliki berat, berat itu lah yang menjadi ukuran dari biaya kirim (Berat sesungguhnya atau Berat Aktual).

Contoh berat paket barang dan dokumen Sahabat REX 6.8 Kg, Karena bilangan tidak bulat REX membulatkan bilangan tersebut, menjadi 7 Kg.

Rumus Berat Aktual : Berat Aktual X Biaya Kirim = 7 Kg X Rp. 4000 = Rp 21.000

Sedangkan Berat volume adalah berat yang di dapat dari hasil perhitungan dimensi volume barang sahabat REX  yang akan dikirim.

Contoh berat sesungguhnya paket barang dan dokumen Sahabat REX 7 Kg, sedang kan volume paket barang dan dokumenya memiliki dimensi yang agak besar dengan panjang 70 cm, lebar 80 cm dan tinggi 80 cm

Rumus Berat Volumetrik : Panjang (cm) X Lebar (cm) X Tinggi (cm) : Biaya Kirim.

Maka : 70cm X 80cm X 80cm / 4000 = Rp 112.000

Maka biaya kirim yang digunakan adalah Berat Volumetrik karena berat sebenarnya hanya 4.9 Kg dan REX mengambil berat paket barang yang terbesar.

  • Perhitungan Biaya Kirim Via Udara Berdasarkan (Berat aktual dan Berat Volume)

Untuk pengiriman paket barang dan dokumen melalui udara sebenarnya sama dengan pengiriman paket barang dan dokumen melalui darat, perbedaan hanya di pembagian harga biaya kirim, pengiriman melalui transpotasi udara sedikit lebih mahal.

Contoh berat paket barang dan dokumen Sahabat REX yang akan di kirimkan melalui transportasi udara 10.9 Kg, Karena tidak bulat REX membulatkan bilangan tersebut, menjadi 11 Kg.

Rumus Berat Aktual : Berat Aktual X Biaya Kirim = 11 Kg X Rp. 6000 = Rp 66.000

Sedangkan untuk berat volume di dapat dari hasil perhitungan dimensi volume barang sahabat REX  paket barang dan dokumen yang akan dikirim melalui udara.

Contoh berat paket barang dan dokumen Sahabat REX 11 Kg, sedangkan volume paket barang dan dokumenya memiliki dimensi yang agak besar dengan panjang 70 cm, lebar 80 cm dan tinggi 80 cm

Rumus Berat Volumetrik : Panjang (cm) X Lebar (cm) X Tinggi (cm) : Biaya Kirim.

Maka : 70cm X 80cm X 80cm / 6000 = Rp 74.666

Maka biaya kirim yang digunakan adalah Berat Volumetrik karena berat sebenarnya hanya 11 Kg dan REX mengambil berat paket barang yang terbesar.

 

 

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s